Solusi Windows 10 Tidak Bisa Nyambung VPN: A connection to the remote computer could not be established

aninwulan
error saat akan menghubungkan ke VPN


Halo apa kabar, sodara pembaca? semoga selalu sehat dan bahagia, ya. Kali ini saya mau berbagi cara mengatasi VPN yang gagal disambungkan di Windows 10.

Kondisi pandemi yang masih berlangsung mengakibatkan pola bekerja masih berkutat dengan Work From Home, walaupun sudah ada yang mulai berangkat ngantor alias WFO. 

VPN menjadi kebutuhan penting bagi pekerja yang ingin mengakses jaringan kantor, namun jika VPN tidak dapat terhubung, tentu ini menghambat proses kerja yang harus dilakukan.

Oke, langsung saja.

Dalam kasus saya, VPN bisa digunakan dan kemudian menjadi tidak bisa dikarenakan kerusakan yang belum teridentifikasi. Perbaikan dilakukan dengan cara melakukan reinstall pada driver WAN miniport. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut:

1. Buka Device Manager

Pertama, yang perlu dilakukan adalah membuka jendela Device Manager untuk bisa melihat daftar driver hardware. Tampilan jendela tersebut sebagai berikut:


Cara paling sederhana untuk mengakses jendela tersebut adalah dengan mengetikkannya di kotak pencarian, seperti gambar berikut:



2. Cari Network Adapter lalu Uninstall semua driver WAN miniport

Pada Device Manager, cari Network adapters dan klik panah di sebelah kirinya sehingga terlihat daftar adapter jaringan yang ada, seperti gambar berikut:


Kemudian, uninstall semua adapter yang berawalan WAN Miniport. Klik kanan pada adapter tersebut dan pilih Uninstall device. Lakukan hal yang sama hingga semuanya terhapus. Lihat 2 gambar di bawah untuk contohnya.


3. Reinstall driver dengan "Scan for hardware changes"


Jika semua driver adapter WAN Miniport sudah terhapus seperti gambar di atas, maka selanjutnya dilakukan proses install kembali. Cara install kembali dilakukan dengan klik Scan for hardware changes yang ada di menu Action, seperti pada gambar berikut.

Dengan langkah-langkah di atas, driver adapter WAN Miniport akan otomatis terinstall dan VPN dapat disambungkan kembali, setidaknya dalam kasus saya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sodara pembaca!


Akhir kalam: Kesuksesan bukanlah perjalanan seorang diri. Be kind!
Komentar