Tips Puasa: Menjaga Hidrasi dengan Oralit, Apakah Efektif?

aninwulan

nina.my.id - eksperimen terhadap diri sendiri menjaga hidrasi saat berpuasa dengan oralit.

Puasa

Bulan suci telah tiba. Waktu bagi seluruh umat muslim di dunia untuk menjalankan ibadah yang merupakan rukun islam keempat, yaitu puasa. Puasa adalah ibadah menahan diri dari makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi yang menjalankan, karena kita tetap beraktivitas seperti biasa, namun dengan asupan yang dibatasi. Menurut saya pribadi, orang yang mampu berpuasa dengan lancar dan tetap beraktivitas secara maksimal adalah luar biasa.

Tubuh membutuhkan hidrasi yang baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Sehingga kebutuhan akan cairan perlu sekali untuk dicukupi. Saya ingin bagikan tips yang diberikan oleh dokter Denta, yang dibagikan melalui akun twitter beliau. Tips puasa yang dibagikan adalah dengan mengonsumsi oralit saat sahur dan berbuka.

Kenapa oralit?

Oralit memiliki fungsi untuk menjaga hidrasi dalam tubuh. Diringkas dari kumpulan cuitan beliau, disampaikan bahwa tubuh manusia normal-yang tidak dalam kondisi tertentu- mampu menyiapkan "makanan" secara mandiri, oleh tubuh untuk tubuh. Sehingga saat sahur, cukup minum oralit dan air putih. Begitu juga saat membatalkan puasa: oralit dan air putih, sedangkan untuk makan besar, cukup sekali, yaitu pada saat setelah sholat isya.

Oralit yang dianjurkan adalah kemasan yang dibeli di apotek. Kenapa? karena sulit untuk membuat takaran oralit sehingga mudah diserap oleh tubuh. Gampangnya, kita sebagai orang awam tidak tahu takaran yang baik untuk tubuh.

Disclaimer

Perlu diperhatikan ya, kondisi tubuh setiap orang berbeda, sehingga tips ini tidak bisa dilaksanakan secara mentah-mentah. Perlu disesuaikan masing-masing, tergantung pada kondisi kesehatan pembaca.

Percobaan

Melihat beberapa testimoni dari pengguna twitter, saya penasaran untuk mencoba. Mungkin tidak sepenuhnya plek ketiplek sama, namun saya akan mencoba mengonsumsi oralit saat bersantap sahur.

Saya akan memberikan update apakah konsumsi oralit efektif membantu ibadah puasa yang dijalankan! Semoga tulisan kali ini bermanfaat ya!
Komentar